Sierra Bisnis Konsulting, Konsultan ISO Terbaik, Konsultan ISO Indonesia, ISO Indonesia, Sierra, Konsultan, Training ISO Terbaik, Training ISO

Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP)

HACCP-Blue-jpg

Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP)

Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) adalah salah satu bentuk manajemen risiko yang dikembangkan untuk menjamin keamanan pangan dengan pendekatan pencegahan (preventive) yang dianggap dapat memberikan jaminan dalam menghasilkan makanan yang aman bagi konsumen. Tujuan dari penerapan HACCP pada industri pangan adalah untuk mencegah terjadinya bahaya sehingga dapat dipakai sebagai jaminan mutu pangan guna memenuhi tuntutan konsumen. dengan diterapkannya sistem HACCP akan mencegah terjadinya bahaya sebelum mencapai konsumen, meminimalkan risiko kesehatan yang berkaitan dengan konsumsi makanan, meningkatkan keamanan makanan olahan sehingga secara tidak langsung mempromosikan perdagangan dan stabilitas usaha makanan.

Sasaran :

a. Mampu menganalisa serta mengevaluasi proses produksi makanan / bahan pangan.

b. Mampu identifikasi dan analisa potensi bahaya yang ditimbulkan.

c. Mampu mengadakan perbaikan secara terus menerus terhadap proses produksi makanan / bahan pangan.

d. Mampu memonitoring dan mengevaluasi penanganan cara dan proses pengolahan makanan serta menerapkan system sanitasi dalam memproduksi makanan secara benar.